21 Oktober 2013

Mencoba Peruntungan di DIV Akuntansi STAN 2013-2014

Pada awalnya saya sempat frustasi karena kuliah S1 saya di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta tidak juga kunjung usai. Padahal target saya di awal tahun kemarin sudah bisa ikut wisuda. Namun apa daya saya yang dimutasi ke Palembang harus tersendat menyelesaikan skripsi yang begitu melelahkan. Salah satu yang membuat saya frustasi adalah jika saya tidak menyelesaikan S1 saya maka saya tidak bisa mengikuti Ujian Saringan Masuk DIV STAN. Padahal itulah satu-satunya cara untuk dengan cepat dan mudah naik ke golongan yang lebih tinggi.

Ditengah keputusasaan saya akan kuliah yang tak kunjung usai, tiba-tiba teman saya membuka pencerahan bagi saya. Ia memberikan solusi yang sedikit menipu tapi cemerlang menurut saya. Menurutnya yang penting sekarang kita coba ikut terlebih dahulu, nanti ternyata kalo lulus bikin saja surat keterangan berhenti kuliah karena pindah tugas ke Palembang. Lalu titipkan surat tersebut ke teman yang ada di Pengembangan Pegawai kantor Pusat. Semenjak saat itu saya menjadi semangat lagi untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk DIV STAN. Saya langsung buru-buru mendaftar Ujian Saringan Masuk dihari yang sama dan ketika melihat nomor ujian saya, sepertinya saya orang pertama yang mendaftar untuk ujian di BDK Palembang.

Hal pertama yang saya lakukan setelah mendaftar adalah mencari soal-soal ujian sebagai latihan persiapan ujian. Saya teringat bahwa saya pernah meminta teman saya untuk mengirimkan soal-soal tahun kemarin yang dapat mengantarkannya lulus DIV STAN. Setelah mencoba mengerjakan beberapa soal ternyata benar apa yang teman saya katakan bahwa sebenernya soal DIV sama dengan soal-soal Ujian Saringan Masuk STAN atau Ujian untuk DIII Khusus namun dengan bobot yang ditinggatkan beberapa kali lipat. Hal ini terlihat dari seluruh soal yang ada mungkin hanya seperempat saja yang mampu saya kerjakan itu pun belum tau kebenarannya. Semoga soal-soal yang begitu sulit membuat semakin semangat untuk belajar bukan malah sebaliknya. 
Selain mengumpulakan soal-soal untuk latihan, saya juga membaca beberapa tips mengerjakan soal-soal STAN. berikut beberapa tips yang saya baca dan saya simpulkan sendiri:
A. Persiapan sebelum ujian

  1. Tanamkan dalam diri anda: "Bukan masalah berapa banyak lawan yang akan ikut ujian, tetapi berapa banyak soal yang bisa kita kerjakan"artinya percuma saja misalnya dari 110 orang peserta yang diterima sebanyak 100 orang tetapi tidak ada soal yang bisa anda kerjakan. Tetapi meski 10.000 orang peserta yang ikut tapi anda yakin akan seluruh jawaban anda maka kemungkinan besar anda bisa lulus.
  2. Biasanya yang ikut DIV STAN ini adalah pegawai jadi memiliki kesibukan dikantor masing-masing, namun tetap luangkan waktu untuk belajar. Jika tidak bisa jam kerja coba luangkan waktu diluar jam kerja. Saran saya pagi hari setelah shalat Shubuh adalah waktu yang baik untuk belajar karena otak kita masih fresh. 
  3. Perbanyak mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya, biasanya soal 3 tahun sebelumnya. bagi yang berminat silahkan tinggalkan alamat email nanti saya kirimkan soal-soal yang sama miliki.
  4. Untuk soal Psikotes anda cukup membeli buko psikotes karena 80% sama dengan soal di buku-buku psikotes.
  5. Cari tahu kelemahan anda di mana. Misalkan seperti saya yang lemah di bahasa inggris, maka coba cari teman yang pintar untuk membahas soal bersama-sama. Tidak perlu belajar dari buku lagi karena itu akan percuma, perbanyak saja mengerjakan soal dan banyak bertanya.
  6. Untuk soal-soal yang tidak bisa dikejakan dilingkari untuk coba di diskusikan dengan teman atau cari solusi di buku-buku STAN atau di Internet. Jika tetap tidak bisa mengerjakannya maka soal-soal tersebut langsung dilewati saja ketika ujian nanti. Tidak perlu mengerjakan sesuatu yang pasti tidak bisa kita kerjakan. 
  7. Ketika mendekati hari H maka coba lakukan simulasi mengerjakan 180 soal dalam waktu 150 menit. hitung berapa banyak soal yang bisa dikerjakan jika masih belum maksimal perbanyak lagi mengerjakan soal-soal.
  8. Satu hari sebelum hari H sempatkan waktu untuk datang ke tempat ujian, temukan tempat duduk dan pastikan anda nyaman dengan kondisi yang ada. Jika belum terasanya nyaman seperti kursi atau meja yang kurang baik, bisa ditukar dengan sebelahnya (jika dimungkinkan)
  9. Dan malam sebelum ujian tidak perlu belajar lagi, cobalah tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi sekali untuk shalat tahajud dan shalat shubuh. Jika tetap ingin belajar, baca-baca saja soal yang pernah anda kerjakan dan bersantailah
B. Persiapan pada hari Ujian
  1. sarapan secukupnya
  2. Datanglah ke tempat ujian 1,5 jam sebelum ujian dimulai, disini tidak perlu belajar lagi karena belajar ketika hari ujian tidak akan mudah masuk dan akan membuat anda menjadi grogi. Selain itu tidak belajar ketika ujian bisa membuat lawan-lawan anda menjadi gentar.
  3. Bawa amunisi yang cukup seperti : pensil 5 buah yang semuanya telah di raut (tentu anda tidak ingin waktu anda hanya habis untuk meraut pensil bukan?) gunakan penghapus yang baik menurut saya yang bagus itu yang warnanya hitam merk B*xy, mistar kecil dan rautan pensil.
  4. Bawalah jam tangan, atau jam apapun yang anda miliki ( jam weker atau jam dinding jika perlu) karena mengetahui sisa waktu kita sangat penting disini.
  5. Berdoa sebelum mulai mengerjakan soal ujian.
C. Ketika Mengerjakan Soal Ujian
  1. Merujuk dari tahun sebelumnya soal DIV STAN  terdiri dari Tes Potensi Akademik terdiri dari 120 soal, dan soal Bahasa Inggris 60 soal. 
  2. Kerjakan soal yang anda tau dan sedikit tau saja untuk soal yang anda tidak tau sama sekali lebih baik anda kosongi dari pada kena pengurangan nilai karena salah menjawab.
  3. Kerjakan soal-soal yang mudah saja dahulu, untuk soal yang anda bisa kerjakan namun membutuhkan waktu yang lama lingkari dahulu kerjakan lagi jika anda masih memiliki waktu.
  4. Untuk soal-soal matematika bisanya yang mudah ada di belakang atau di tengah, oleh karena itu coba kerjakan soal dari belakang dahulu.
  5. Untuk soal yang sifatnya reading baik bahasan Indonesia atau bahasa inggris, baca soalnya dahulu lalu beri tanda inti dari soal baru baca readingnya. Ini akan menghemat waktu anda.
  6. Setelah ujian selesai segera pulang dan beristirahat.jika masih ada waktu pelajari lagi soal-soal psikotes untuk ujian hari berikutnya.
Demikian tips-tips yang saya dapatkan dari beberapa blog dan saya kombinasikan dengan pengalaman saya ketika mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN san Ujian Saringan Masuk DIII Khusus Akuntansi. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

30 komentar:

Omar Audris mengatakan...

Sy mau soalnya Mas, bila berkenan bisa dikirim ke "omar.skiptek@gmail.com". Terima kasih telah berbagi

IMAM MAHDI mengatakan...

Mas, idem kaya mas Omar.. mohon dikirimkan ke simbah22@gmail.com

Semoga Njenengan SUKSES!! aamiin

Geka_art mengatakan...

wah maaf baru bales ok sya email segera

Geka_art mengatakan...

waduh emailnya lagi error ane gak bisa ngirim sementara bisa donlot di mari dulu ya

https://www.dropbox.com/sh/ozi32umlpn3ypsi/B2jc9vPXf8

Unknown mengatakan...

mohon dikirimkan mas soal usm d4 nya ke agustubels.nainggolan@gmail.com..
kalo ada yg 2012 dan 2013 mas utk soal usm d4 nya..
trims..

john patai mengatakan...

mas bisa tolong kirimkan kumpulan sola DIVnya ke email saya "jariang.patai@gmail.com", kalo ada kunci jawabannya juga boleh mas hehehehe, makasih

Nands mengatakan...

tolong dikirimkan soalnya ke aprilianandarin1@gmail.com
terimakasih^^

Unknown mengatakan...

Waah thanks tips nya Mas, saya juga mau dong mas kumpulan soalnya. hhe. mohon kirim ke fachri.munandar90@gmail.com ya Mas. Makasiii mas

Unknown mengatakan...

Waah thanks tips nya Mas, saya juga mau dong mas kumpulan soalnya. hhe. mohon kirim ke fachri.munandar90@gmail.com ya Mas. Makasiii mas

nizarkhalifi mengatakan...

makasih mas tips nya, mohon saya minta tolong dikirimkan juga soalnya mas, ke "adha.20nor@gmail.com"
terima kasih

Gendro Hendriatmoko mengatakan...

Strategi yang luar biasa,, thanks :)

Boleh dunk mas soalnya dikirim ke email g.hendriatmoko@gmail.com

Terimakasih mas

Unknown mengatakan...

bisa kirim ke agel.sarjana@gmail.com mas, thanks ya

alifkecil mengatakan...

minta juga yak

m.ishak1010@gmail.com

Munib mengatakan...

mas bisa tolong di share soalnya
munib354@gmail.com

terima kasih mas ya...

Unknown mengatakan...

tolong disharing mas ke gepenk.dimas@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mantap bgt Ini Kak, minta kirim jg ya k mondaykristianto@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mas, minta tolong kirim ke amr_9241@yahoo.com ya
terima kasih sebelumnya.

Unknown mengatakan...

Saya jg minta kumpulan soalnya ya mas Geka, ke kurniawanyusuf25@gmail.com
terimakasih banyak :)

Icha mengatakan...

Saya mau soalnya Mas, bila berkenan mohon kirim ke loviarne@gmail.com
Terim kasih, semoga sukses selalu. aamiin.

Unknown mengatakan...

Mas boleh minta kumpulan soalnya? Silahkan kalo berkenan ke dharma.wibawa1991@gmail.com

Makasi mas, sukses terus

Unknown mengatakan...

mohon dikirim ke alamat email iqbal.fadillah90@gmail.com

terima kasih banyak

Unknown mengatakan...

mas minta materinya ya mas....

m.ilham.abidin@gmail.com

hehehe butuh banget ni,,, makasi mas

Unknown mengatakan...

Bang minta juga ya Bang kirim ke "jalaludinilyas@gmail.com"

Unknown mengatakan...

wah tips nya lengkap banget bang, semoga saya juga bisa mengikuti jejak bang geka masuk D IV STAN, amin :3

btw kalo boleh saya juga minta soal2 nya dong bang ke email saya di ketut.widhiana@gmail.com
terima kasih :)

Vrisono mengatakan...

Permisi, kalau boleh minta juga yaa, ke vrisono@gmail.com

Matur nuwuun :)))

Unknown mengatakan...

mas, bisa dishare donk soal2nya ke danisuprianto13@gmail.com thanks :)

yudcp mengatakan...

Bang, mohon ijin dikirimkan materi dan/atau soal-soal juga ke yudcap@live.com
Terimakasih.

Muhammad Syaroni mengatakan...

Boleh minta dong mas :)
syaroni.muhammad@gmail.com

Unknown mengatakan...

KISAH PERJUANGAN DAN PENGORBANAN MASUK Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Saya Akan Perkenalkan Diri Saya
Nama: Alhadi
Asal Daerah: Bengkulu
Lulus Stan Tahun Ajaran 2013/2014

Dari sinilah saya selalu mencari informasi dari beberapa teman dan sahabat saya untuk memberikan masukan serta arahah agar aku bisa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Akhirnya saya diberikan Salah satu teman dari teman saya memberikan Saya NOMOR HP untuk saya Hubungi, hingga saya langsung menghubungi No HP tersebut, aku menelepon No HP itu sebanyak 2 kali baru bisa terjawab, akhirnya saya berbicara dan menyampaikan keluhan saya selama ini.

Dia merespon pembicaraan saya dan saya diberi petunjuk Untuk mengikuti 1 kali tes lagi, tapi bukan melalui jalur masuk USM STAN. Dan Penyampainyan beliau. begini kalau memang adik mau saya bantu dengan janji kelulusan, maka saya akan bantu, tapi dengan 1 catatan adik harus menuruti apa yang akan nantinya saya arahkan, DAN SAYA JAWAB Dengan sangat senang hati saya SIAP, akhirnya beliau menyuruh saya MENGIKUTI JALUR KEBIJAKAN/KEKELUARGAAN. Dan Saya jawab bukankah STAN.

Memiliki 3 Jalur Masuk:

1. Jalur Masuk USM STAN
2. Jalur Masuk Beasiswa BPKP STAN
3. Jalur Masuk Melalui Badan Kepemerintahan Perpajakan dan Keuangan.

katanya YA benar apa adik sampaikan. Dan mengenai jalur KEBIJAKAN memang tidak ada tertera dari salah satu dari 3 jalur masuk STAN. Jalur kebijakan adalah dimana dengan kata lainnya bisa di artikan sebagai jalur kekeluargaan. Dan Saya Kembali Bartanya kpd beliau, apakah ada biaya yang harus saya bayar untuk bisa masuk jalur kebijakan itu. Jawab beliau ya ada, saya balik bertanya berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan dan apakah saya mendapat jaminan kelulusan bisa masuk Di STAN, beliau menjawab mengenai biaya yang harus adik keluarkan itu ada dan kelusan adik dijamin 100%. Tetapi adik tidak usah khawatir, saya bisa meluluskan adik dengan pembayaran yang tidak memberatkan hanya sebesar Rp. 25.000.000, saya menjawab bukankah biaya itu sangat sedikit, untuk bisa masuk jalur kebijakan, Ya adik memang benar apa yang adik bilang,

Dan saya jawab kalau biaya segitu pastinya saya sangat mau. Singkat cerita, hingga akhirnya berkat bantuan beliau, akhirnya saya dinyatakan LULUS masuk di STAN, yang saya idamkan dan yang membuat saya sangat kaget ternyata saya tidak mengikuti teks sama sekali, tetapi saya hanya dibekali kartu TEKS saja. Dan itu menjadi rasa syukur yang amat mendalam bagi saya.

Dan darisinilah saya mengetahui kalau orang yang membantu saya hingga LULUS, ternyata adalah Kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan (STAN) PUSAT, Dia Adalah Kepala Kepala Bidang Akademis Pendidikan Akuntan (STAN)
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten
Akhmad Priharjanto, SE, M.Si.
Ini No Hp BELIAU.
0857-5753-3037

Anda mau seperti saya yang bisa masuk di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) , Sebaiknya tidak ada salahnya m'hubungi No hp Bpk Akhmad Priharjanto, SE, M.Si., Semoga beliau bisa membantu kelulusan anda seperti beliau meluluskan saya dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar 25 juta saja.

Semoga bermanfaat.

Unknown mengatakan...

Selamat pagi, salam sejahtera, saya minta soalnya pak, tolong dikirimkan ke email saya nurdinsulistiaji@gmail.com, terima kasih