11 Oktober 2013

Pengemis Itu Miskin Mental

Di berbagai media lagi santer masalah pengemis di jalanan. Kalo dipikir-pikir bener juga ya? pengemis itu pintar sekali memanfaatkan rasa iba orang lain. Mungkin pengemis-pengemis itu pernah ambil kelas acting, ato waktu SMA pernah ikut ekskul theater kaya ane. Coba liat aja di  lampu merah, pas mobil lalulalang ngebut mereka nyante-nyante aja di pinggir jalan. Trus pas lampunya berubah jadi merah, mimiknya pasti langsung berubah jadi muka melas, kudel, kucel and kumel. Belum lagi orang-orang yang cacat, dengan bangganya nunjukin kecacatanya. Dengan tangan ato kaki yang udah gak ada, dia pas ngemis ngelirik-ngerik ato berusa ngangkat tangan ato kinya yang cacat itu. Tujuannya sich supaya si calon korban iba dan ngasih duit ama tu orang. Yang lebih miris ngemisnya sukak sambil ngegendong anak kecil dari hasil sewa pula. Trus anaknya di kasih obat tidur biar gak rewek waktu diajak beroperasi. Emang tu emak-emak yang nyewain anaknya gak pada punya otak apa ya? tega amat nyerahin anaknya ama orang lain buat cari duit dan dia nyante ongkang ongkang kaki dirumah. Harusnya buat yang gini Dinas Sosial bisa ikut turun tangan ambil  tu anak bayi trus bawa ke panti asuhan biar gedenya gak jadi pengemis juga kaya emak bapaknya.
Emang kalo dipikir-pikir wajar sich mereka rela copot urat malu mereka trus ngemis ngemis di pinggir jalan. Bayangin aja penghasilan mereka perbulan dari ngemis doank bisa 4 sampe 5 juta per bulan. Kalah ama ane yang PNS golongan II/c yang gajinya gak nyampe segitu. Padahal mereka modalnya cuma muka-muka melas dan rela mutusin urat malu mereka. Dibandingin ama ane yang udah jungkir balik sekolah n kuliah masih gini-gini aja. Pasti udah pada denger cerita pengemis pengemis di Bandung yang oleh pemerintahnya udah mau dikasih pekerjaan jadi tukang bersih-bersih. Tapi mereka tolak mentah-mentah karena gajinya cuma 700 ribu perbulan kalah ama pengehasilan ngemis mereka. 
Makanya seperti yang ane tulis jadi judul, pengemis itu bukan miskin harta tapi miskin mental. Lihat aja penghasilan mereka yang 4 ampe 5 juta tentu gak tergolong orang miskin kan? Sebenarnya mereka ngemis itu memang karena mentalnya udah mental pengemis. Mental inilah yang harus dirubah. Bagaimana caranya supaya mereka lebih bangga memperoleh pengehasilan dengan usaha mereka sendiri meskipun hasalisnya gak lebih besar dari mengemis. Jadi ane himbau buat semuanya supaya jangan lagi para pengemis dijalanan. Bukan karena gak peduli ama mereka tapi buat merubah mental mereka dari mental pengemis jadi mental pejuang tangguh. Kalo mau ngasih sumbangan mending langsung ke masjid, pesantren ato panti asuhan dan panti jompu yang jelas juntrungannya. Dan buat pengemis yang baca blog ini semoga segera tobat kembali ke jalan yang benar

Tidak ada komentar: